Cara Berhenti Langganan First Media, Berdasarkan Pengalaman Saya
Saya penguna lama FM mungkin dari tahun 2004, tagihan tv n internet masih 180rb klo ga salah. Selama belasan tahun service FM terbilang bagus, cepat dan byk inovasi ( walaupun di barengin dengan kenaikan tagihan sesukanya sih.. 😅)
But its okay, as long mereka ok pelayanannya ... I was fine.
Tapi smua agak berubah masuk ditahun 2020... Dari internet rumah yg suka mati sendiri ( padahal tanya tetangga katanya FM nya lancar aja katanya ) dan akirnya panggil teknisi dan ganti modem. Selang seminggu ga nyambung lagi katanya 'IP address tidak ditemukan 😪. Masih mencoba sabar walapun dah anget ni emosi, tp semua terselesaikan setelah teknisi IT datang. See.... Sabar adalah koentji. 😊
Dan akirnya sampe juga saya ke bulan juni, juli dan awal agustus 2020.... Berulang ulang kali status offline/outage.
Sempat mikir apa gara2 WFH/SFH selama PSBB semua pada make ato banyak pelanggan baru jadinya overload.. tp ni bukan lemot loh, langsung mati ' no internet '. Matinya ga tanggung2 8-24 jam d wilayah rumah saya
Mulainya dari gangguan 1 minggu sekali, sampe seminggu 4 kali mati. Bukan cm internetnya saja yg mati, tv nya jg...
Saking seringnya ampe saya buat account Twitter dan hanya follow account @firtsmediacares... Protocol nya standart pastinya suruh sebut no pelanggan dan disuruh cek ke www.cek.firstmedia.com buat ngecek jaringan atau ngerefresh modem/decoder tv. Klo ga, paling adminnya dibilang dalam penangan perbaikan max 24 jam, mohon sabar. 😥
Admin CS di Twitter termasuk responsiflah daripada harus telfon CS yang membuang pulsa itu. Bisa buat janjian kedatangan teknisi jg via DM Twitter. Tapi ingat DM firstmediacares ga bisa langsung dijapri, kudu adminnya yg chat kita dluan.. ( mgkn klo di buka admin nya puyeng smuanya pada complain) 🤣
Singkat kata kesabaran sudah diambang batas, di tanggal 23-25-27 agustus 2020 dikasih email 'surat cinta' ada gangguan terus menerus..
1 hari nyala, 1 hari mati. Walaupun hidup status jaringan bad quality.
Akirnya dengan segala pertimbangan saya putuskan untuk berhenti berlangganan FM. Bukan keputusan mudah, karena mama saya masih berat sama tv S-one dan TvN korea nya + repotnya ganti provider karena instalasi dirumah kami rapih dan untuk kabel tv sudah tanam tembok.
Dengan segala keteguhan dan musyawarah bersama, saya dan keluarga berani putuskan untuk cut dengan segala keribetan yang akan timbul.
Proses pengajuan pemutusan FM versi saya:
1. Pastikan pengajuan max 14 hari sebelum tagihan keluar. Kalau saya ajukan 1 minggu setelah saya bayar tagihan bulan agustus. Intinya bisa ngajuin pemutusan klo sudah lunas.
2. Saya buat early announcement by email dan DM Twitter perihal keputusan berhenti. Sampe dapet balasan 'pengajuan diterima dan akan disampaikan ke pihak terkait'
2. Lihat tanggal tagihan keluar. Kebetulan tagihan saya keluar setiap tanggal 15. Saya telfon CS by phone 31 agustus agak malam, biar ga terlalu penuh... Menegaskan kembali pengajuan pemberentian saya tu benar adanya, mohon di proses. Saya jg tegaskan ga mau ada tagihan bulan September keluar, karena saya yakin seyakin yakinnya mau putus. Disini mas CS nya cukup korperatif, mgkn karena cape juga dan paham emang jaringannya putus nyambung terus, jd urusan ringkes.
3. Tanggal 15 September sekitar jam 5 sore di telfon mba CS konfirmasi ulang. Dan disini harus kuatkan iman dan argument karena pasti ditawarkan promo ana ini, konpensasi ini itu. Disini saya to the point aja, saya yakin putus krn cape dengan sinyal on-off dan saya jelaskan jg sudah pasang back up.
( Attention! No 4 jebakan batman. Saya sarankan langsung ngomong aja pemutusan permanent , bilang aj ga ad pertimbangan balik lagi. Titik )
4. Sampai akirnya mba nya akalin status saya 'putus sementara 6 bulan' katanya biar bisa bandingin dengan provider backup-an saya. Disini tetep loh ditawarin promonya... Klo nanti berubah pikiran sampai febuari 2021, ga ada biaya pasang lagi... Hanya byr 33rb kalau pengen disambung lg.
Wuhuhu... Nice try mbak e, tapi mba e tau sendirikan servicenya bgmn.. bahkan dah ada 'surat cinta' 23 Sepetember ni akan ada pemeliharaan 20 jam 🤐
Alat seperti modem dan decoder disuruh simpan dlu siapa tau berubah pikiran... (Tetep ye... trus aja usaha ampe titik darah penghabisan ) 🤣
Clue kata kunci jebakan disini:
- pemutusan sementara (biar bandingin dlu aja sm provider lain)
- iming iming promo atau biaya pasang ( nyebut angka murah disini 33rb )
- waktu 6 bulan, dengan menyebutkan bulan persisinya ( krn pelanggan lama katanya)
- pengalaman banyak pelanggan yg balik lg ke FM setelah putus sementara
- simpen aja alatnya dlu
So... Bgitulah proses panjangnya buat mutusin firstmedia saya (dan belom selesai ternyata). Bisa dibilang gampang2 susah. Tapi klo saya simpelnya bgni, saya dan firstmedia nyambung dengan cara baik2, mutusin jg baik2.. biar tidak ada sakit hati diantara kita (tsaaah)
ikutin aja prosedurnya.. intinya keputusan ditangan pelanggan.
Dan buat costumers FM diluar sana, kalau mau complain sebaiknya dengan kata2 baik ya, walaupun paham sih jawaban mereka akan monoton aja 😅 dah kaya ngomong sama robot.
Saya disini tdk bermaksud untuk mengiring publik untuk menjelekan fm tapi hanya menceritakan pengalaman saya pribadi yg saya alami sendiri.
Belasan tahun saya ditemani dan dihibur mereka, tapi mungkin jodohnya cuma sampai disini.... Terima kasih First Media atas smua kenangan nya... 🤗
Semoga kedepannya problemnya bisa diatasi dan dapat menghubungkan & menghibur lebih banyak orang lagi
____________________________
Update 16 September 2020 jam 03.30 wib
Kenapa FM saya masih nyala???? 🤔
Saya tanya DM tweet katanya pemutusan sementara... (What the hell) dan di suruh ngajuin ulang kalau mau mengajukan pemutusan permanent 😣
Gini deh, seperti yang di liat capture diatas, biarpun status 'pemutusan sementara' ya masa masih nyala sih? Biasanya bayar telat aja auto mati koq...
Pas lg langganan aja, sinyal ga ada. Eh pas minta putus ( whatever mereka bilang putus sementara/ permanent) nyambung trus
Wow... Lihay sekali cara kalian klo bgni.
Saya yakin mba nya kmrn 'proses' dlu ( yang pake nada tunggu tu loh) sebelum diinfokan bila berubah pikiran yg 6 bln dan 33rb tu.
( Wait wait... Mundur sebentar 🤔. Ni byr 33rb pas masa 'pemutusan sementara' buat perbulan apa buat nyambungin lg? Dyam saya kena kejebakan batman ... Bodohnya saya kurang menyimak omongan mba cs 😪 posisi info sm nawarin disni smooth sekali sepertinya 😪)
So... Buat kalian jangan terjebak seperti saya.. jgn skali2 bilang 'okay' 'baik' / 'akan dipikirkan' krn tu adalah kalimat jebakan.
Konstan aj bilang
' putus pemanen '
' putus seputus putusnya '
' ga mau bayar lagi '
' tidak '
' ga tertarik '
' ambil alatnya secepatnya '
Bahkan jgn ucapkan makasih ataupun paham krn bisa ambigu dalam percakapan ni ( apalagi percakapan kan direkam sm mereka )
Dan maap ya buat mas CS by phone dah saya gas pol subuh2 buta, bete saya masih nyambung aja ga mau diputus. Dah kaya bucin ga mau di tinggal ( zzzzzz 😴 )
Dan bagi yang tanya knp saya tau koq belom putus, krn modem masih nyala dan niatnya memang pagi ini di beresin sekalian tekuk kabelnya. Sebangunnya saya, hari ini tidak ada pemakaian layanan FM lg karena sdh di migrasi semua ke provider backup. ( I try to be fair in here, no pay -- no service )
Saya sudah rapihkan bahkan masih ada kotaknya smua.. anytime teknisi mo ambil silahkan ambil ya,, kalau perlu secepatnya
kayanya sulit kembali ke FM biarin pun sudah stabil lagi kalau cara proses suatu masalah ( disini pemutusan ) aja berlibet libet penuh jebakan batman. Kemungkinan data saya jg akan/udah di blacklist mereka , but i dont care anymore... Mgkn cara endingnya akan masih penuh drama kalau di 'gelendotin' terus kaya bgni. Nanti saya update lagi
____________________________
Update 2
Minggu pagi 20 September 2020, masih dapet tagihan ??
Blom selesai guys 😅
Deg deg ser saya krn 'kesalahan ucap' saya akhirnya terbukti. Lgsglah saya actions telfon mba cs, Mba cs ramah (mgkn krn record di sistemnya jelas sering komplen masalah pemutusan), tp status saya masih stuck di pemutusan sementara. Mba nya bilang biar putus sementara pun sebenarnya tdk ada tagihan yang perlu dibayar dan suruh DIABAIKAN.
Mba nya juga yang ini jelas ngomongnya, di tanya alasan lagi ( dan saya jwb lagi dan mba nya ga comment byk ) dan di re confirm loud n clear-kan lagi kalau saya mau putus permanent
Tadi jg mau di oper ke mba kemaren (yg mulutnya manis itu loh, mgkn dia garda paling terakir bagian pemutusan kali yak) Tapi sepertinya ID saya akan di avoid sampe 5 bln kedepan. Atleast saya sdh push push push mau putus permanen.
Yang 'nyangkut' sbnrnya alatnya ni, saya kaya msh ada utang dan tanggung jawab keterikatan. Klo dah di ambil kan enak bisa ploong, ga ada beban dan mgkn msh bs di pake buat pelanggan lain yg alatnya suka trouble.
Cross fingers when its gonna be end but clear, i can avoid anybills and i dont used they service anymore ( even they say its ' consideration time' promo etc )
____________________________
Update 3
Akirnya alatnya di ambil tgl 22 november
All done after 3 months
Jadi critanya diambil alatnya trus di cek no alat+ kartu nya dan masukin report disistem mereka.
Ktnya td sblm dtg sih wa, tp salah no tu no papa ku. Pantesan ga nyambung.
Oh ya td jd di ksh oleh2 scrup penutup kabel, tp bgmn ya.. sambungannya di atas genteng 🤣. Tu loh biasanya kan fm pasang kabel tembok di depan rumah yg dibuat 2 lingkaran kanan kiri kya pola kupu2... Nah ktnya dsitu ditutup nya d bagian besi T nya.
Nanti ya mas, klo pas ad tukang ke genteng, ta suruh tutup... Liat sdnr td kanopi saya tinggi bgt 🤣.
Katanya ditutup biar ga ganggu jaringan lain ( aka mengurangi lost speed ). Baik nanti d bantu
Semoga sehat n selalu berkah buat teknisi tadi. Maaf cm via pager aja td dan lupa ksh minum apalagi tips.
The end
BONUS PART
Komentar
Posting Komentar