Gangguan WiFi Internet GIG Kemungkinan Besar Penyebabnya Dikabel Fiber Yang Ringkih Dan Akhirnya Dapet Kabar GIG by Indosat Ooredoo IM2 Tutup Layanan πŸ˜₯

Life never flat
Cos something always happens ahead,... There always up & down, that why
we call it's a 'life'.

But here we go ... my first trouble experience with my 'new' home internet line after FM drama. πŸ˜‚

Kondisi router wifi normal; 4 lampu hijau nyala


Setalah 9 bulan pemakaian, akhirnya trouble datang juga..

Sepanjang itu pula tidak pernah ada major trouble selama berlangganan GIG indosat. Pasti ada lah beberapa kali seperti lemot apa lost signal, tp biasa hanya dalam hitungan menit berangsur-angsur normal.
Dan kalaupun ada perbaikan pasti akan diemail dan biasanya tidak lama / mati total. Overall Good service lah πŸ‘

Tapi secara tiba" internet kami mati. Status " connect but NO service ". Pas dicek routernya ternyata lampu merah di LOS nyala .. indikasi ada yg ga bener pada kabel.

Internet GIG Indosat Mati; lampu LOS merah


Versi Singkat; tidak ada koneksi wifi


1. Status di hp ' connect, no service ' + lampu merah pada LOS = Ada masalah pada kabel

2. Secara prosedur telfon CS. Tapi karena lama harus tgg 2 hari saya coba hubungin teknisi GIG yg dulu masang buat second option ( untung masih ke save ). Klo dia pas jadwal kosong atau lg kerja deket wilayah sini, nanti di samperin.

3. Teknisi dateng, cek" dan kynya tau troublenya ( mungkin masalah klasik ) di kabel optik jadi teknisinya manjat2 buat investigasi. Dan bener ternyata kabelnya ada yg putus/patah.

4. Kasih minum, abangnya kutak katik, tes kabel nya dan tadaaaaa selese..... Jgn lupa kasih uang rokok sebagai tanda terima kasih dah fast response & rapiin kabel yg lebih enak diliat 😊.


Versi ngejelimetnya; status wifi 'connect, no internet' 



Seperti biasa cara penanganannya: 
 
Langkah 1 = restart power. 

Cabut colokan dan kabel fiber optic 3-5 menit, lalu nyalakan kembali.

Langkah 2, telfon CS center / bisa melalui aplikasi (tp disini saya ga download) untuk 'refresh' modem

Langkah 3, ( mau ga mau ) panggil teknisi.


Hubungi costumer care GIG by Indosat Ooredoo

1. GIG Indosat selalu mengembor"kan di media sosialnya tentang layanan mudah CS 24jam via WA. Tentu saja no tsb format WA business, jd jangan heran  jawabannya berupa template dan ada beberapa step konfirmasi. 

Tapi... Seperti yg byk dikeluhkan pelanggan lainnya, CS lewat WA ni terkendala di konfirmasi ' nomor pelanggan' . Saya masukan nomor dgn benar, tp tetap salah... Pdhl saya copy-paste dari email billlingnya loh πŸ˜‚


2. Biasanya saya suka hub CS lewat tweet. Dari awal konfirmasi pemasangan dan masalah pembayaran selalu dibantu disini. Cuma kynya adminnya lagi libur apa lg antri BTS meal di McD 😁, soalnya baru ada respon pas masalah selese ( telat betul min... Tp gpp, admin tweet tetep okey )


3. Buka web nya, sapa tau ada chat live.. taunya ga ada .. tetep dilempar ke WA. Akirnya cari" nomor kontaknya di web-nya, dan saya kebetulan ga nemu πŸ˜…. Akirnya saya inget kayanya ada stiker informasi Call center di routernya .... dan tadaaaaa... Ketemu sodara".


Nomor Costumer Service GIG Indosat Ooredoo


Dan iseng" buat kroscek, saya buka FB page GIG Indosat dan liat email billing ternyata jg ada.... nomornya juga sama.

No telfon CS GIG by Indosat Ooredoo (jabodetabek)  : 3000-8888

No cantik dan mudah dihafal diluar kepala

4. Cus angkat telfon rumah, dan lgsg disambut suara ceria sm auto-program nya... Ikutin aja paling ditanya no pelanggan.. nanti minta hubungin operator langsung.

Ga pake lama, ke sambung ko...
Nanti ditanya problemnya, dan ditanya dah coba restart apa belom.
Karena diliat di sistem ( mungkin jg byk pengalaman ) CS nya lgsg tau klo lampu merah di LOS, dia cb bantu refresh. 
Saat di bantu refresh, saya nanya apa ada trouble di wilayah sini, katanya ga ada.

Ujung"nya krn tetep ga bisa, di jadwalin teknisi TAPI tunggu 2*24 jam .
Ya ampun ni Wifi mati 3 jam dah bikin satu rumah gelisah, ni suruh tunggu lusa.... 😱
Saya push minta besok pagi/siang... Jwbnya cm bisa diusahkan. 

Dibuatin sm mba CS nya nomor aduan yg akan dikirim ke email ( lgsg dpt sih emailnya.. cm ga ada jdwlnya 😐). Dibilangin nanti teknisinya WA klo mau dtg.





Resah, wifi mati dah 24 jam tapi tidak ada kabar jadwal teknisi


1. Telfon no. Cantik lagi
Tapi heran, kenapa ditanya nomor aduannya lagi ya?  πŸ€” Bukannya dah ada disistem? Jd td belibet buka2 email dlu deh demi cari no  No. Laporan #TASxxxxxxxxxxx πŸ˜‘

2. Tetep dijawab prosedur 2*24 jam dari penerimaan aduan, dan di konfirmasi ulang kalau laporan kerusakan sudah diteruskan ke bagian teknisi. Suruh tunggu aja πŸ˜ͺ 

3. Krn ga jelas. Mulai tanya" konpensasi. Kalau dalam 2*24 jam ga ada yg dateng gmn?  Masalahnya lusa dah weekend, kemungkinan bisa keundur lagi jadwalnya ampe minggu depan. Jwb mba CS-nya sistematis bgt, kalau ga ada yg dateng, mohon telfon lagi dan nanti coba dibantu pengajuan adjustment bill (hmmm.... Jwban fair-fair enough, buat pelanggan yg mulai resah)

4. Cari2 kontak teknisi yg dlu masang, alhamdululillah msh ada... Jd saya WA aja. Saya ksh tau problemnya + foto. Saya maklum sih klo ga lgsg di jawab sm teknisinya, tp dah syukur ko nomornya masih nyambung. At least ada second option klo dah desperate.


Teknisi datang habis jam makan siang (+/- 29 jam dari wifi mati)


1. Hore..... Alhamdululillah dateng. Dan pas di depan rumah, WAnya baru dibales sama teknisinya😁. Katanya setiap wilayah punya teknisi masing2, jd klo telfon CS kantor, ujung"nya dia juga yg dateng 🀣. Tapi dia sndr bilang klo lwt CS lama, lain kali bisa chat dia lgsg aja kalau urgent.

2. Di cek router dan kabel, dan ketawan masalahnya di kabel. Kata abangnya jarang bgt case routernya rusak, yg sering dikabelnya. Dan kalau ada gangguan wilayah pasti di email, klo ga ada email berarti rumah itu aja yg masalah.

3. Cek kabel bagian luar... Cek dari Tiang ampe kabel menuju rumah. Dan ternyata putus di bagian tekukan didepan rumah. Teknisinya bilang Ga perlu tarik kabel baru, jadi tadi hanya sambungin saja + dirapiin dan sengaja dibiar agak longgar dibagian dekat tekukan masuk kerumah. Katanya biar kabelnya ga terlalu tegang, jdnya ga gampang patah/sobek.

Teknisi GIG Indosat Ooredoo


Tadi sepengeliatan saya nyambungin kabelnya pake 2 konektor + 1 kabel fiber warna kuning.

4. Di tes koneksi kabel di deket router, dan tadaaaaa... Wifi nya On lg πŸ€—

Pengerjaan +/- 30 mnt, yg lama karena ngecek box di tiang + kabel dr tiang ampe masuk ke rumah.


Overall good service buat GIG indosat, dr product service, CS sampai teknisi.
Jadi pengalaman baru lagi buat saya dan orang rumah klo nanti ada trouble seperti ini πŸ‘πŸ‘πŸ‘

Saya dan keluarga pasti kalang kabut klo ga ada WiFi, apalagi kita hidup dimana semua sangat ketergantungan internet. Dari beli pulsa, bisnis ampe hiburan semua perlu koneksi internet.
Tapi dibalik kegelisahan itu, mungkin kami dikasih waktu ' short break ' dengan dunia luar sana... Saling ngobrol dan menikmati waktu bersama, kembali menonton tv atau mendengarkan radio bareng dirumah. Dan pada saat itu kami jadinya bernostalgia bagaimana 'sederhana' nya dahulu bisa terasa enjoy aja, sementara sekarang ga ada wifi aja dah gelisah setengah mati, berasa hidup di goa 🀣🀣🀣🀣🀣

Ya.... zaman dan pola hidup sudah berubah tentunya... Tidak bisa di pungkiri kebutuhan internet wifi mungkin sudah menjadi kebutuhan penting buat banyak orang termasuk keluarga kami, walapun sbnrnya kami masih bisa pake paket data di hp tp berasa gimanaaaa gitu ... Beda aja, tetep wifi rumah is the best πŸ˜‚

Semua masalah ada jalan keluarnya, perlu usaha, sabar dan jangan lupa saling menghargai 1 sama lain ya.
😊

Semoga tulisan ini membantu 

Round 2


Awal November cuaca lg ga nentu panas ujan panas ujan, ternyata ngaruh jg sm performance internet πŸ˜… dan dah diwanti" jg di sosmednya GIG sndr. 

Kabel fiber internet GIG kadang bermasalah dimusim hujan


Ga sampe 3 bulan tiba" pas ujan deres, mati. Coba tanya tetangga cuma lemot, akirnya tlf CS 3000-8888, katanya ada sebagian wilayah komplek saya lg recovery, suruh tunggu 24 jam. 

Tapi jujur dlm hati udah nebak", jgn" penyakit nya sama KABEL. Dan emang bener kabel yg masuk kerumah bermasalah lg tp skrg bkn putus tp konektor kotor n berair (intinya rusak lah )πŸ˜…. Kemarin  disambung lg kabel & konektor baru tp bagian konektornya "dirumahin" pake kotak gitu biar ga kena ujan.. 
we will see.. semoga awet, habis sm teknisinya di tempelin di atas kanopi rumah, lah piye tu klo ujan air turun kedepan semua πŸ€«πŸ™„πŸ€” ... lah 'rumah'nya bs banjir air jg dong πŸ˜…

So.. klo tb" putus mending tanya tetangga yg pake GIG jg, klo tetangga msh nyambung berarti otomatis masalah di KABEL lg. Langsung tlfn Cs nya, jgn ditunda biar dpt antrian cepet jg ga makin mundur" hari.



Kata abang petugasnya klo masuk musim ujan jg pasti rame masalah, ntah dr kabel putus/rusak ampe kabel ketiban pohon yg bkin 1 perumahan bs mati πŸ˜…. 

So far GIG masih okay lah ya, harga stabil, koneksi jg termasuk stabil, pembayaran skrg dah bs lwt tokped (mayan kan bs dpt cashback 😁). Walaupun kabel fibernya ringkih dan hrs sabar klo tunggu teknisi klo musim ujan bgni rame jdwl abangnya 

Round 3


Dan terjadi lagi selang 8 hari πŸ˜–
Hadeuh... Br ditinggal tuker tutup panci, eh pulang no internet lg.
Tanpa babibubebo, tlf CS lagi, bilang kedap kedip lagi.

Mati kurleb 4 jam.

Eh .. alhamdululillah bgt telfon cs pas zuhur, abangnya dtg jam 4an deh, teknisinya kaget jg ada problem lg, makanya pas mo plg ktnya mampir soalnya rmhnya searah katanya ( tp mgkn jg tau sih problemnnya mgkn disitu lagi ). Dan ga taunya sodara" sekarang bukan kabel, tp konektor warna ijonya pecah 🀯. Konektor kmrn yg 'dirumahin' aman, tp ni yg rusak dibagian konektor sambungan kabel utama yg menjuntai"dari tiang. Pdhl ktnya kmrn tu jg di ganti, krn basah abis ujan. Dan skrg pecah mgkn krn kepanasan πŸ™„

Hadueh... Abangnya say sorry sih, ga enak mati mulu. Dan kata abangnya klo teknisi dah dtg lewat komplen CS,  ada garasi 1 bulan. Mksdnya disini klo tb" rusak, lgsg WA teknisinya ga usah ke CS . Mgkn disini performance teknisinya ter-record jg kali ya... πŸ€” Mkanya di kasih garansi.

Baiklah bang.. semoga yg ini awet melewati musim panas-ujan kali ini πŸ™. Klo nanti (amit" jgn sampe sih) problem lg dah request tarik kabel baru aja dr tiang GIG terdekat.

Buat management GIG Indosat performance internet nya dah bagus & stabil πŸ‘, tp kualitas kabel n konektor ni kynya perlu upgrade lagi deh yg tahan cuaca extreme. 


Round 4

Wakakak br kmrn sore betul, skrg pagi jam 9 mati lg πŸ€―πŸ˜– boom.... Emang kabel di rumah saya apes nasibnya jelek trus. Auto lgsg wa abang teknisi, kan msh ada garansi 😎. Tapi td ttp lapor CS gegara abangnya br bales pas makan siang... 

Teknisi dateng jam stgh 3an, dan ditarik kabel baru... Pekerjaan mungkin 30mnt. Dikerjain dari terminal yg ditiang sampe ke modem, semua kabel n konektor diganti. Mgkn teknisinya jg cape bolak balik trus 🀣🀣🀣. Klo modem msh pake yg lama, krn aman

Tarik kabel fiber baru gig indosat ooredoo



Teknisi internet kabel GIG Indosat Ooredoo





Round End

Baru aja menikmati layanan kabel baru, eh ... 3 hr kemudian dapet ZONK seindonesia





Kaget sekaget" nya. Dpt info dr ibu tetangga. Gw kira masalah merjer sm 3, taunya... Tutup layanan selama" nya. Kang teknisi jg WA saya blg jgn byr tagihan krn layanan tutup dan dia sndr kaget krn tb" hr sabtu ni suruh balikin mobil operasional. Intinya pelanggan dan karyawan lapangan ga tau sama sekali, mgkn cm top level yg tau.

Disisi pelanggan pasti auto kaget, dikasih tau pas hari sabtu lagi, dan apesnya yg dah byr tagihan termasuk saya ( sistem pembayaran GIG prabayar ). Tp mikir jg gimana nasib karyawan nya, ya at least kang teknisi saya... Phk jelas, pasti karyawan nya mikir apa gaji bulan ni di bayar, soalnya kmrn bolak balik benerin kabel saya, CS & teknisi nya kerja professional koq... Jd disini saya lebih baik legowo saja kalau iuran bulanan saya hilang, asal gaji karyawannya di bayar (kalau perlu pesangonnya)

Warganya di Rw saya pada kisruh digrup pagi ni πŸ˜… . Jajaran pengurus rt/rw -nya kynya mengundang dengan terbuka bagi provider yg mau masuk diwilayah sini, soalnya calon mantan pelanggan GiG disini buanyak. 

Sambil berusaha request, mgkn yg pake GIG disini sekalian mikir keras menimang" pindah ke profider yg sdh ada, tp mgkn kebanyakan mantan FM kynya mikir dlu kalo mau balik lagi, bgtu jg mantan Indi.. mgkn end nya cm cross over pelanggan πŸ˜…. Semoga ada opsi lain agar suasana lebih Segar disini πŸ™

End Beneran


Hari Rabu siang tgl 8 Des ( atau 19 hari setelah email kabar penutupan layanan ), teknisi yg biasa megang rmh saya tb" WA , menanyakan apa sdh pasang backup krn alatnya mau di tarik 😒

Karena sdh pasang backup, sorenya lgsg di ambil. Yg di ambil router sm kabel power saja, sementara kabel" ga di pretelin ko, ktnya bisa dipake buat provider lain yg sm" pake kabel fiber. ( Berharap sapa tau ada yg mau akusisi aset GIG, tgl ganti brand.. jd ga repot" narik kabel lg )

Kemarin saat ditarik alatnya, layanan internetnya msh nyala. Tapi dpt info dr nitizen di tweet kabarin klo layanan GIG dia hari ini mati (20 hr setelah email)




Terima Kasih GIG indosat Indonesia, dan terima kasih jg memberi spare waktu buat transisi ... Semoga ketemu lagi dgn brand dan management yg lbh baik 😊









#internetgig #gigindosat #internetwifigig #wifirumahmurah #wifimati #wifimatigig #wifimatiindosat #internetmatigig #internetmatigigindosat #internetindosat #gigindosat #gigindosatooredoo #wifimati #wifimatilosmerah #wifimatilampulosmerah




#internetgig #gigindosat #internetwifigig #wifirumahmurah #wifimati #wifimatigig #wifimatiindosat #internetmatigig #internetmatigigindosat #internetindosat #gigindosat #gigindosatooredoo #wifimati #wifimatilosmerah #wifimatilampulosmerah

Komentar

Postingan Populer