Gangguan WiFi Internet GIG Kemungkinan Besar Penyebabnya Dikabel Fiber Yang Ringkih Dan Akhirnya Dapet Kabar GIG by Indosat Ooredoo IM2 Tutup Layanan π₯
Life never flat
Cos something always happens ahead,... There always up & down, that why
we call it's a 'life'.
But here we go ... my first trouble experience with my 'new' home internet
line after FM drama. π
Kondisi router wifi normal; 4 lampu hijau nyala |
Setalah 9 bulan pemakaian, akhirnya trouble datang juga..
Sepanjang itu pula tidak pernah ada major trouble selama berlangganan GIG
indosat. Pasti ada lah beberapa kali seperti lemot apa lost signal, tp
biasa hanya dalam hitungan menit berangsur-angsur normal.
Dan kalaupun ada perbaikan pasti akan diemail dan biasanya tidak lama /
mati total. Overall Good service lah π
Tapi secara tiba" internet kami mati. Status " connect but NO service ".
Pas dicek routernya ternyata lampu merah di LOS nyala .. indikasi ada yg
ga bener pada kabel.
Internet GIG Indosat Mati; lampu LOS merah |
Versi Singkat; tidak ada koneksi wifi
1. Status di hp ' connect, no service ' + lampu merah pada LOS = Ada
masalah pada kabel
2. Secara prosedur telfon CS. Tapi karena lama harus tgg 2 hari saya coba
hubungin teknisi GIG yg dulu masang buat second option ( untung masih ke
save ). Klo dia pas jadwal kosong atau lg kerja deket wilayah sini, nanti
di samperin.
3. Teknisi dateng, cek" dan kynya tau troublenya ( mungkin masalah klasik
) di kabel optik jadi teknisinya manjat2 buat investigasi. Dan bener
ternyata kabelnya ada yg putus/patah.
4. Kasih minum, abangnya kutak katik, tes kabel nya dan tadaaaaa
selese..... Jgn lupa kasih uang rokok sebagai tanda terima kasih dah fast
response & rapiin kabel yg lebih enak diliat π.
Versi ngejelimetnya; status wifi 'connect, no internet'
Seperti biasa cara penanganannya:
Langkah 1 = restart power.
Cabut colokan dan kabel fiber optic 3-5 menit, lalu nyalakan kembali.
Langkah 2, telfon CS center / bisa melalui aplikasi (tp disini saya ga
download) untuk 'refresh' modem
Langkah 3, ( mau ga mau ) panggil teknisi.
Hubungi costumer care GIG by Indosat Ooredoo
1. GIG Indosat selalu mengembor"kan di media sosialnya tentang layanan
mudah CS 24jam via WA. Tentu saja no tsb format WA business, jd jangan
heran jawabannya berupa template dan ada beberapa step
konfirmasi.
Tapi... Seperti yg byk dikeluhkan pelanggan lainnya, CS lewat WA ni
terkendala di konfirmasi ' nomor pelanggan' . Saya masukan nomor
dgn benar, tp tetap salah... Pdhl saya copy-paste dari email billlingnya
loh π
2. Biasanya saya suka hub CS lewat tweet. Dari awal konfirmasi
pemasangan dan masalah pembayaran selalu dibantu disini. Cuma kynya
adminnya lagi libur apa lg antri BTS meal di McD π, soalnya baru ada
respon pas masalah selese ( telat betul min... Tp gpp, admin tweet tetep
okey )
3. Buka web nya, sapa tau ada chat live.. taunya ga ada .. tetep dilempar
ke WA. Akirnya cari" nomor kontaknya di web-nya, dan saya kebetulan ga
nemu π
. Akirnya saya inget kayanya ada stiker informasi Call center di
routernya .... dan tadaaaaa... Ketemu sodara".
Nomor Costumer Service GIG Indosat Ooredoo |
Dan iseng" buat kroscek, saya buka FB page GIG Indosat dan liat email
billing ternyata jg ada.... nomornya juga sama.
No telfon CS GIG by Indosat Ooredoo (jabodetabek) : 3000-8888
No cantik dan mudah dihafal diluar kepala
4. Cus angkat telfon rumah, dan lgsg disambut suara ceria sm auto-program
nya... Ikutin aja paling ditanya no pelanggan.. nanti minta hubungin
operator langsung.
Ga pake lama, ke sambung ko...
Nanti ditanya problemnya, dan ditanya dah coba restart apa belom.
Karena diliat di sistem ( mungkin jg byk pengalaman ) CS nya lgsg tau klo
lampu merah di LOS, dia cb bantu refresh.
Saat di bantu refresh, saya nanya apa ada trouble di wilayah sini, katanya
ga ada.
Ujung"nya krn tetep ga bisa, di jadwalin teknisi TAPI tunggu 2*24 jam .
Ya ampun ni Wifi mati 3 jam dah bikin satu rumah gelisah, ni suruh tunggu
lusa.... π±
Saya push minta besok pagi/siang... Jwbnya cm bisa diusahkan.
Dibuatin sm mba CS nya nomor aduan yg akan dikirim ke email ( lgsg dpt sih
emailnya.. cm ga ada jdwlnya π). Dibilangin nanti teknisinya WA klo mau
dtg.
Resah, wifi mati dah 24 jam tapi tidak ada kabar jadwal teknisi
1. Telfon no. Cantik lagi
Tapi heran, kenapa ditanya nomor aduannya lagi ya? π€ Bukannya dah ada
disistem? Jd td belibet buka2 email dlu deh demi cari no No. Laporan
#TASxxxxxxxxxxx π
2. Tetep dijawab prosedur 2*24 jam dari penerimaan aduan, dan di konfirmasi
ulang kalau laporan kerusakan sudah diteruskan ke bagian teknisi. Suruh
tunggu aja πͺ
3. Krn ga jelas. Mulai tanya" konpensasi. Kalau dalam 2*24 jam ga ada yg
dateng gmn? Masalahnya lusa dah weekend, kemungkinan bisa keundur lagi
jadwalnya ampe minggu depan. Jwb mba CS-nya sistematis bgt, kalau ga ada yg
dateng, mohon telfon lagi dan nanti coba dibantu pengajuan adjustment bill
(hmmm.... Jwban fair-fair enough, buat pelanggan yg mulai resah)
4. Cari2 kontak teknisi yg dlu masang, alhamdululillah msh ada... Jd saya WA
aja. Saya ksh tau problemnya + foto. Saya maklum sih klo ga lgsg di jawab sm
teknisinya, tp dah syukur ko nomornya masih nyambung. At least ada second
option klo dah desperate.
Teknisi datang habis jam makan siang (+/- 29 jam dari wifi mati)
1. Hore..... Alhamdululillah dateng. Dan pas di depan rumah, WAnya baru
dibales sama teknisinyaπ. Katanya setiap wilayah punya teknisi masing2, jd
klo telfon CS kantor, ujung"nya dia juga yg dateng π€£. Tapi dia sndr bilang
klo lwt CS lama, lain kali bisa chat dia lgsg aja kalau urgent.
2. Di cek router dan kabel, dan ketawan masalahnya di kabel. Kata abangnya
jarang bgt case routernya rusak, yg sering dikabelnya. Dan kalau ada
gangguan wilayah pasti di email, klo ga ada email berarti rumah itu aja yg
masalah.
3. Cek kabel bagian luar... Cek dari Tiang ampe kabel menuju rumah. Dan
ternyata putus di bagian tekukan didepan rumah. Teknisinya bilang Ga perlu
tarik kabel baru, jadi tadi hanya sambungin saja + dirapiin dan sengaja
dibiar agak longgar dibagian dekat tekukan masuk kerumah. Katanya biar
kabelnya ga terlalu tegang, jdnya ga gampang patah/sobek.
Teknisi GIG Indosat Ooredoo |
Tadi sepengeliatan saya nyambungin kabelnya pake 2 konektor + 1 kabel fiber
warna kuning.
4. Di tes koneksi kabel di deket router, dan tadaaaaa... Wifi nya On lg π€
Pengerjaan +/- 30 mnt, yg lama karena ngecek box di tiang + kabel dr tiang
ampe masuk ke rumah.
Overall good service buat GIG indosat, dr product service, CS sampai
teknisi.
Jadi pengalaman baru lagi buat saya dan orang rumah klo nanti ada trouble
seperti ini πππ
Saya dan keluarga pasti kalang kabut klo ga ada WiFi, apalagi kita hidup
dimana semua sangat ketergantungan internet. Dari beli pulsa, bisnis ampe
hiburan semua perlu koneksi internet.
Tapi dibalik kegelisahan itu, mungkin kami dikasih waktu '
short break ' dengan dunia luar sana... Saling ngobrol dan
menikmati waktu bersama, kembali menonton tv atau mendengarkan radio bareng
dirumah. Dan pada saat itu kami jadinya bernostalgia bagaimana 'sederhana'
nya dahulu bisa terasa enjoy aja, sementara sekarang ga ada wifi aja
dah gelisah setengah mati, berasa hidup di goa π€£π€£π€£π€£π€£
Ya.... zaman dan pola hidup sudah berubah tentunya... Tidak bisa di pungkiri
kebutuhan internet wifi mungkin sudah menjadi kebutuhan penting buat banyak
orang termasuk keluarga kami, walapun sbnrnya kami masih bisa pake paket
data di hp tp berasa gimanaaaa gitu ... Beda aja, tetep wifi rumah is the
best π
Semua masalah ada jalan keluarnya, perlu usaha, sabar dan jangan lupa saling
menghargai 1 sama lain ya.
π
Semoga tulisan ini membantu
Round 2
Awal November cuaca lg ga nentu panas ujan panas ujan, ternyata ngaruh jg sm performance internet π
dan dah diwanti" jg di sosmednya GIG sndr.
Kabel fiber internet GIG kadang bermasalah dimusim hujan |
Ga sampe 3 bulan tiba" pas ujan deres, mati. Coba tanya tetangga cuma lemot, akirnya tlf CS 3000-8888, katanya ada sebagian wilayah komplek saya lg recovery, suruh tunggu 24 jam.
Tapi jujur dlm hati udah nebak", jgn" penyakit nya sama KABEL. Dan emang bener kabel yg masuk kerumah bermasalah lg tp skrg bkn putus tp konektor kotor n berair (intinya rusak lah )π
. Kemarin disambung lg kabel & konektor baru tp bagian konektornya "dirumahin" pake kotak gitu biar ga kena ujan..
we will see.. semoga awet, habis sm teknisinya di tempelin di atas kanopi rumah, lah piye tu klo ujan air turun kedepan semua π€«ππ€ ... lah 'rumah'nya bs banjir air jg dong π
So.. klo tb" putus mending tanya tetangga yg pake GIG jg, klo tetangga msh nyambung berarti otomatis masalah di KABEL lg. Langsung tlfn Cs nya, jgn ditunda biar dpt antrian cepet jg ga makin mundur" hari.
Kata abang petugasnya klo masuk musim ujan jg pasti rame masalah, ntah dr kabel putus/rusak ampe kabel ketiban pohon yg bkin 1 perumahan bs mati π
.
So far GIG masih okay lah ya, harga stabil, koneksi jg termasuk stabil, pembayaran skrg dah bs lwt tokped (mayan kan bs dpt cashback π). Walaupun kabel fibernya ringkih dan hrs sabar klo tunggu teknisi klo musim ujan bgni rame jdwl abangnya
Round 3
Dan terjadi lagi selang 8 hari π
Hadeuh... Br ditinggal tuker tutup panci, eh pulang no internet lg.
Tanpa babibubebo, tlf CS lagi, bilang kedap kedip lagi.
Mati kurleb 4 jam.
Eh .. alhamdululillah bgt telfon cs pas zuhur, abangnya dtg jam 4an deh, teknisinya kaget jg ada problem lg, makanya pas mo plg ktnya mampir soalnya rmhnya searah katanya ( tp mgkn jg tau sih problemnnya mgkn disitu lagi ). Dan ga taunya sodara" sekarang bukan kabel, tp konektor warna ijonya pecah π€―. Konektor kmrn yg 'dirumahin' aman, tp ni yg rusak dibagian konektor sambungan kabel utama yg menjuntai"dari tiang. Pdhl ktnya kmrn tu jg di ganti, krn basah abis ujan. Dan skrg pecah mgkn krn kepanasan π
Hadueh... Abangnya say sorry sih, ga enak mati mulu. Dan kata abangnya klo teknisi dah dtg lewat komplen CS, ada garasi 1 bulan. Mksdnya disini klo tb" rusak, lgsg WA teknisinya ga usah ke CS . Mgkn disini performance teknisinya ter-record jg kali ya... π€ Mkanya di kasih garansi.
Baiklah bang.. semoga yg ini awet melewati musim panas-ujan kali ini π. Klo nanti (amit" jgn sampe sih) problem lg dah request tarik kabel baru aja dr tiang GIG terdekat.
Buat management GIG Indosat performance internet nya dah bagus & stabil π, tp kualitas kabel n konektor ni kynya perlu upgrade lagi deh yg tahan cuaca extreme.
Round 4
Wakakak br kmrn sore betul, skrg pagi jam 9 mati lg π€―π boom.... Emang kabel di rumah saya apes nasibnya jelek trus. Auto lgsg wa abang teknisi, kan msh ada garansi π. Tapi td ttp lapor CS gegara abangnya br bales pas makan siang...
Teknisi dateng jam stgh 3an, dan ditarik kabel baru... Pekerjaan mungkin 30mnt. Dikerjain dari terminal yg ditiang sampe ke modem, semua kabel n konektor diganti. Mgkn teknisinya jg cape bolak balik trus π€£π€£π€£. Klo modem msh pake yg lama, krn aman
Tarik kabel fiber baru gig indosat ooredoo |
#internetgig #gigindosat #internetwifigig #wifirumahmurah #wifimati #wifimatigig #wifimatiindosat #internetmatigig #internetmatigigindosat #internetindosat #gigindosat #gigindosatooredoo #wifimati #wifimatilosmerah #wifimatilampulosmerah
Komentar
Posting Komentar