Daftar Diskon Reduksi Kereta Api KAI Almuni Universitas Negeri
Hai Hai...
Balik lg ke dunia ramai, setelah lebaran usai.
Mau sedikit menulis pengalaman saya saat menunggu kereta mudik berangkat nih guys...
Kereta saya berangkat jam 9.10 pagi
Pesan taxi bluebird via KAI akses -3 jam sblm dari keberangkatan which is di pick up 6.10 WIB, alhamdulillah ontime dtgnya. Perjalanan lancar bgt.. Scr masih pagi dan masih suasana lebaran. Perjalanan hanya perlu 30mnt dr pinggiran Jakarta.
Setelah boarding cetak tiket, krn masih lama dan belom bisa masuk area ruang tunggu dalam, isenglah keliling stasiun Gambir dari ujung sampe ujung. Banyak kios makanan ternama disini, dah ky mall dan kebanyakan penuh semua di pagi ituπ .
Akirnya kami iseng muter ke area kedatangan penumpang yg relatif sepi, lalu main deh ke kantor costumer service. Jam 7an dah buka, dan petugas sudah siap 2 loket. Karena sepi,t anpa ambil no antrian di mesin, saya lgsg duduk deh di CS no 1.
Dengan ramah ditanya keperluannya apa, lgsg saya jawab mau registrasi reduksi alumni UGM.
Diminta mas nya KTP saja sbnrnya, tp krn saya bawa kartu alumni, saya serahin jg. Kata mas nya klo ga bawa kartu alumni ato ijazah bisa lgsg kirim berkasnya aja ko via email. Untuk pendaftaran di stasiun gambir, bisa kirim berkasnya ke sini cs.gmr.jak@gmail.com
Tapi inget pendaftaran harus datang sendiri ke Kantor CS kereta Api di stasiun + bawa KTP asli + kirim berkas via email dilakukan didepan CS
Daftar Reduksi KAI Alumni PTN Di Stasiun Gambir |
Cepet ko, ga ampe 5 menit selesai.
Setelah input data selesai, diberi tahu tata cara pengunaan diskon reduksi;
- hanya bisa via KAI akses, dan pastikan ganti tipe penumpang "umum" Menjadi "reduksi"
- masa berlaku untuk alumni universitas hingga pertengahan tahun 2024
- Tidak berlaku untuk kereta panoramic, sleeper dan luxury
- potongan 10 %
- berlaku setiap saat, biar musim high season seperti lebaran, libur sekolah apa Natal, reduksi berlaku ( ah.. Mantapπ )
KAI akses reduksi |
Alhamdulillah sambil tunggu kereta, bisa melakukan hal produktif, lumayan kan klo kedepannya akan berpergian dengan kereta sudah dapat diskon.. Mayan selisihnya bisa beli nasi goreng di kereta π.
Krn proses registrasi cepat, akhirnya kami memutuskan sarapan di salah satu kios makanan di lantai 2 ruang tunggu luar, disini saya sempetin ngecek lgsg di aplikasi, dan tadaaaaa........ Registrasi alumni berhasil, no NIK sudah terdetect peserta reduksi π₯°. Mantap sistemnya, bisa digunakan sama dengan hari pendaftaran.
Setelah selesai makan, sekitar 1.5 jam sebelum keberangkatan, kami masuk ke ruang tunggu dalam. Masih di lantai dasar, tp kami ambil tempat duduk dekat tangga kedatangan biar agak sepi π€
Akhirnya kami memutuskan untuk naik ke peron setengah jam sebelum jadwal keberangkatan. Karena trafik padat, kereta kami blom kliatan.. Selama 1/2 jam kebanyakan KRL dalam kota yg melintas. Setelah penumpang makin byk yg menumpuk diperon, akhirnya kereta kami merapat 8 menit sebelum jadwal keberangkatan di tiket π€π± Yup loading time +/- hanya 9-10 menit, krn saya ingat pas kereta mulai bergerak saat pukul 9.11.. Alhamdulillah biar wktu singkat, penumpang yg memang sdh standby di peron sejak tadi masuk dengan tertib dan effisien.
Selama perjalanan relatif nyaman dan tepat waktu sampai tujuan. Penumpang keluar dengan tertib. Sesampainya di stasiun Yogya, kami lgsg menuju pintu keluar selatan dan mencari booth Bluebird.
War zone ; Taxi pick Up at Tugu Yogya Train Stasion
Saya sudah pesan taxi penjemputan dan pengantaran via aplikasi di KAI akses, jd beli lgsg bundling biar ga pusing. Dan benar saja taxi resmi / online kosong saat kereta kami tiba dan antrian jg mayan panjang di area penjemputan yg ingin menggunakan taxi / taxi online.
Saat di booth Bluebird saya tanya apa ada taxi yg standby, awalnya mas-nya bilang kosong, jd ga bs booking via booth. Kalau mau, disarankan pesan lgsg di via aplikasi Bluebird .. Tp saat saya jelaskan saya sdh pesan via KAI akses lgsg di prioritaskan. Kata mas-nya memang sdh ada agreement klo pesan dr KAI hrs dilayani dan dicarikan taxiππ.
Kami menunggu 15 menitan, tp tdk masalah krn saat pesan di aplikasi KAI, saya sndr booking +30 mnt setelah jadwal kereta tiba ( krn memperhitungkan kepadatan ato mgkn perlu mampir ke restroom dlu. Intinya pgn turun santai tanpa gradak gruduk) .
Setelah ada taxi di area pickup taxi, kami diantarkan mas mas booth tadi sampai taxi, dibawain jg tas kami ( makasih byk ya mas πππ) dan saat naik, kami sebutan nomor Booking taxi via KAI dan siap diantarkan deh... ( oh ya siapin 5rb ya, buat byr parkir )
Booth taxi Bluebird Stasiun Tugu Yogyakarta |
Selama kami duduk di booth sbnrnya byk org yg pgn book taxi jg, tp di jawab nolak halus klo kosong/ silahkan cb via aplikasi. Semuanya sih pindah ke stand grab apa gojek ( mgkn krn mang byk yg pake aplikasi ni drpd MyBluebird ya, tp pesen taxi via gojek sbnrny bisa ko).
Ada yg smpt nanya ke mas- yg jg booth Bluebird knp kami bisa tunggu taxi di booth ( krn kami keliatan dilayanin, sementara mrk disuruh order via aplikasi) trus mas-nya jelaskan klo kami bundling taxi sm tiket kereta via KAI akses. Jwban tadi ckup menjawab pertanyaan keluarga tadi dan bergeser ke booth resmi taxi online persis disebelahnya.
Bkn hanya di booth saja, saat taxi dtg pun ada org yg cb masuk. Sbrnya tdk salah jg, krn kebanyakan orang taunya klo di bandara apa di stasiun Gambir antri sesuai no urut ato ambil taxi kosong plg depan dan bisa lgsg naik. Dan disini dijelaskan lg oleh penjaga booth bahkan supirnya sendiri, klo kami sdh book layanan tambahan via aplikasi KAI π
----------
Memang stasiun jogja selalu ramai, dan diyakinin bykan org fasilitas lengkap dan dapet taxi-online / ojeg bakal gampang krn jd hotspot. Memang benar taxi/mobil online ada saja yg standby, tp untuk Bluebird armada sangat terbatas, kalau cerita dr supirnya sendiri armadanya hny sekitar seratus, tu pun dibagi 3 spot antara bandara, stasiun dan random dalam kota. Dan kdg tujuan penumpang dr stasiun bisa sampai magelang, solo, gunung kidul, kulon progo, wates.. Bahkan ada case ampe malang ( wadidaw π±) Mknya ga byk taxi agro yg standby di stasiun apalagi high season seperti lebaran.
Maka dari itu, karena kami tau gambaran keadaan disana, kami sering pesan bundling sekalian taxi kalau tujuannya jogja. Walaupun dilapangan kami tetap harus menunggu, tapi jelas kami sdh pny no antrian resmi dan diprioritaskan (krn tujuan kami jelas sesuai di aplikasi dan sdh dbyr dimuka jg π€)
----------
Kemarin sempet ditawarkan keluarga yg sdh sampai duluan untuk dijemput distasiun, tapi krn kami sdh pesan bundling dan tdk bisa cancel layanan taxinya.. Akhirnya kami menolak dengan sopan πππ ( Sebenarnya lbh pasti dan enak di jemput keluarga lgsg ketempat pertemuan, tp bgmn ni... Saya ga bisa cancel euy π )
Saya sdh berusaha cr informasi dikolom "q&a". Kalau order sistem bundling di KAI akses tidak bs cancel sebagian. kalaupun bisa di cancel hrs cancel tiket Keretanya utama, br layanan yg lain seperti taxi & makanan ikutan ke cancelπ€£.
Sebenarnya bisa saja kami ignore orderan kami, dan mengikhlaskan biaya yg sdh dbyrkan, hanya saja disini sistem pesannya seperti bidding gojek/grabcar. Kami berpikir panjang bagaimana klo nomor pesannya sdh diambil driver atau akan bergulir trus dr driver ke driver by sistem krn status orderan aktif??? kan jd ga enak nyusahin banyak orang krn orderan aktif tp ga ketemu orgnya. Coba di cancel jg ga bisa π
maka disini setelah menimang" +/- akhirnya diputuskan untuk komit sesuai plan awal kami. π
Nah mgkn disini PT KAI case ini jadi masukan dan kasih solusi untuk masalah ini, ada opsi cancel atau rubah tujuan layanan taxi.. Bila uang hangus apa ada potongan biaya, saya rasa fair enough ya.., intinya biar no pesanan dr KAI aksesnya ga blunder dan statusny "cancel order" disistem Bluebird nya. Kemarin jg sempat tanya ke supir taxinya klo case sprt ni bgmn, kata beliau mgkn bisa di telfon CS Bluebird nya untuk di cancel no booknya, tp kami b2 pun penasaran, klo pun bisa di cancel manual via CS Bluebird, dana yg sdh dbyr siapa yg nerima π€£ (wlpun sbnrya klo case saya kmrn, sdh iklas saja...)
Cuma saya dan supir penasaran aja tu dana nyangkut lgsg ke Bluebird pusat apa ketahan KAI ) π€ #mikirinyggaperlu #tapipenasaranajasih krn jelas driver ga bakal Terima π€£
Semoga info ini membantu bagi penguna kereta khususnya dr Jakarta-Jogja +mgkn bbrp alumni PTN terutama di wilayah pulau Jawa yg mau ikut program reduksi...
Perjalan dengan kereta tetap dan akan selalu menjadi favorit sebagian besar pemudik & traveler, tut...tut...tut...π
#reduksikeretaapi #reduksikaialmuni #tasaka #alumniugm #tasakalebaran #mudikkeretaapi #kaiakses #bluebirdkaiakses #keretaapiindonesia
Komentar
Posting Komentar