Review : Suka Duka AC Multi - S Daikin 1 outdoor 2 indoor
Hallo...
Selamat datang di bulan ke 10 tahun 2023.. Semoga sehat dan selalu terdehidrasi disaat cuaca terik dan berdebu ni ππ
Sekarang kita balik ngulik tentang per-AC-an ya...
Kan kemarin sempet bahas singkat tentang busa pipa AC yg kropos, setelah di konfirmasi dengan teknisi Daikin lgsg, masalah tsb ( a.k.a di cover busa sendiri) tidak menganggu kinerja pipa AC, krn seyogyanya busa tsb hanya pelindung.. Yg paling utama dibagian besinya dalamnya. Hanya saja, mungkin terjadi kondensasi yg mengakibatkan muncul tetesan air krn kerja freon untuk mendinginkan ruangan. Bila posisi pipa tsb ada diplafon ato dalam tembok, akan membuat area sekitarnya menjadi lembab dan menimbulkan jamur.
_________________
Okey.. Next saya akan bahas suka duka memakai AC split multi-S selama +/- 5 tahun ni... Mungkin ada pembaca blog saya ini yg butuh informasi dan sedang menimang" Pembelian AC split single atau multi.
Overview harga :
kurang lebih hampir sama dengan pembelian unit single.
Bila dicontoh multi S daikin ( Okt 2023 ) di marketplace ( tanpa pasang & blom ongkir )
- Ac multi 2 indoor: paling murah 10.3 juta.
- Ac spit single inverter: 5.07juta ( jadi klo 2 indoor 10.14jt )
Review jujur pemakaiana AC Daikin multi-S 1/2 & 3/4 PK |
Persiapan sebelum pemasangan Ac multi-S :
1. Sediakan space untuk mesin outdoor. Sebisa mungkin posisi mesin outdoor ditengah" / berdekatan dengan ruangan yg akan dipasang AC. Usahakan posisi mesin outdoor tidak terlalu terekspos matahari langsung
2. Sediakan akses listrik ( sambung lgsg kabel ) disekitar area mesin outdoor
3. Untuk indoor, siapkan titik bolongan di tembok untuk akses pipa AC + pembuangan air dengan posisi serong kebawah (untuk menghindari kebocoran sisa air pembuangan AC ). TIDAK PERLU menyiapan colokan di unit indoor AC.
4. Saat pemasangan, pilih jenis pipa dan tape yg grade bagus aja... Sekali ribet tapi awet.
Kelebihan Multi-S :
- (CHAMPION POIN) hemat listrik.
konsumsi listrik terendah di 380 watt untuk 2 indoor pada mode lowwatt (mantep kan π₯Έ)
Untuk mode normal, saat narik awal tetap 600-700an watt (tergantung cuaca) tapi tetep itungan rendah bgt ya.. secara jalanin 2unit indoor ππ
- sistem inverter
- hemat space outdoor, krn mang cuma 1 mesin π
- ramah lingkungan, freon R32 + saving energy
- jalur listrik cukup 1, itu pun lgsg ke kebel utama yg dekat dgn mesin outdoor. Klo rumah saya disambungkan ke 1 kabel yg terhubung ke 1 MCB khusus ( yang di peruntukan untuk AC saja ) , biar gampang monitornya kedepan.
Kekurangan multi-S :
- teknisi khusus.
Kalau saya mengalami trouble, saya pribadi prefer tlf call center official nya daikin. Soalnya ga semua teknisi service AC pernah megang tipe ini. Sekilas memang sama dengan AC inverter single lainnya, tp mekanismenya sedikit 'smart' biar hemat. π
Udah males jg berhubungan sama tukang service AC luaran, yg klo ga dingin dikit tambah freon tp ga menyelesaikan masalah π©. Jadi pilih yang pasti" aja kalau memang anda ga mau ribet dan main aman.
- Sparepart.
Kalau ini mang ajib π basis AC ini inverter, jadinya sparepart nya lbh costly. Tapi klo dah kena trouble di mesin outdoor, beeeh....siap" aj lebih jedag jidug lampu disco π€£π€£π€£π€£ Soalnya sparepart khusus dan yg pasti bakal inden krn mgkn diambil di gudang pusat duluπ΅ dan ini jg yg bikin saya lbh milih lgsg call teknisi Daikin krn alasan kesediaan sparepart yg ga umum.
Memang ada garasi service dan sparepart produk Daikin 1-3 tahun, tp ga semua sparepart ternyata yg dicover. Dan kebetulan, saat ac saya butuh 'perhatian' garansinya dah lewat π€£.
Tips:
Oh ya klo saat beli unit ac apapun yg bergaransi , lbh baik kartu + nota di simpen jadi 1. Klo perlu minta stempel toko & tulis tanggal dengan jelas.
- Biaya service Cuci rutin atau teknis
Sama seperti pada umumnya service cuci AC sama koq (semprot unit luar&dalam) . TAPI mau panggil cuci AC lepasan apa lgsg teknisi official daikin, tetep itunganya cuci 2 unit ya π€£π (wlpun outdoor nya cm 1 )
Ini berlaku juga buat service teknis, apalagi yg harus nyari" troublenya dimana (krn semua harus dicekin 1-1). Pendapat pribadi saya, tiap tipe AC punya list harga sendiri terutama yg dari official service center.. Yg single, multi, ac central, ac standing, ac building etc... kemungkinan punya range harga service dan tingkat complicated yg berbeda", jd fair enough klo masang harga beda π€
- Trouble.
Nah ini... Bagian dramanya π
as I always say, hidup tu ada naik turunnya jd cuss... Saya curhat pengalaman saya ya..... π
Overall selama 5 tahunan ini everything fine n good ya.. So far saya ngalamin ada 3 kali trouble teknis.
1. Minor : ada tetesan di ac indoor
Alhamdulillah bukan dr mesin, cm sistem pembuangan, yg ternyata bolongan ditembok kurang miring kebawah. Disini saya panggil tukang dan bobok sedikit lbh curam dibagian luar tembok, ga pake bongkar" Ac.. Cm nurunin pipa pembuangan aja, beres.
Case pertama saya masih di tanggani oleh almarhum tukang cuci ac langganan keluarga besar saya yg memang jujur & ga pernah neko". Dan memang dia dah expert bgt, jdnya ga dramatisasi klo ada trouble.. Lgsg to the point, dan pas ngecek ini pun dia ga minta bayaran loh... (kirim Al-Fatihah buat almarhum π€²π)
Tips: pasti posisi bolongan di tembok berada di bawah unit ac (jgn sejajar) dan bobokan tembok dibagian luar buat miring kebawah.
2. Medium : kipas dan freon outdoor nyala-mati-nyala-mati padahal masih posisi start
Nah case" kya gini nih yg bikin saya males klo trouble panggil teknisi sembarangan. Sepeninggal Alm., memang saya sulit sekali mencari ganti beliau π£ Biar untuk cuci rutin biasa saja, ga semua cocok, apalagi masalah teknis.
Setelah beliau tidak ada, saya memilih service cuci rutin disalah satu PT bergerak di dunia per-AC-an yg memang sudah berpengalaman dan megang banyak gedung, ruko dan rumah... Review" konsumennya jg positif.
Overall good service, peralatan standartnya daikin dan teknisi dah byk yg bersertifikat training daikin + kerjanya bersih. Jadi ga ada tuh belepotan air dilantai/tembok klo cuci rutin.
Sampe akhirnya dateng case ini.. Saya ingat kejadiannya menjelang lebaran di 2020 (zaman covid) ...
Cek teknisi pertama (yg suka cuci rutin) ga begitu ngerti klo teknis listrik.. Jadi dipanggil teknisi khusus listrik
Cek teknisi kedua... Kutak katik, nge-set sana sini ga berhasil.. Dijanjikan kunjungan teknisi lain yg (mgkn) lbh senior.
Cek teknisi ketiga... Nah akhirnya di cek secara menyeluruh, dah kurleb kaya restart ulang. Which is ampe vakum freon jg (pdhl 2 teknisi sblmnya ga ada yg bilang masalahnya di freon π , kesannya kaya 'jualan freon' ) Tapi ntah kenapa, Alhamdulillahnya teknisi ke3 ini berhasil... Ditungguin 2 jam-an buat tes, puteran kipas sm freon aman.
Dah ga byk cingcong soalnya dah mepet lebaran jg kan... Keburu pada pulang kampung π€ yg penting ac beres.
Freon ac Daikin |
Total abis 1.6 jt + 2 visit teknisi sebelumnya = 1.8 juta (diluar biaya cuci rutin Ac)
TAPI.. Ga selang beberapa lama, tuh ac kumat lagi π΅.. Akhirnya lgsg telfon call center daikin krn frustasi..
Awalnya agak ribet dikit register nama, alamat + ditanyain seri dan no unit ac ( mgkn biar profesional dan history nya tercatat dgn baik kali ya...) Disini jg dijelaskan biaya visit dan masa garansi yg sdh habis, jd ditanya bersedia bayar sndr apa ga klo memang ada kerusakan. Dijanjikan 2*24 jam teknisi akan datang.
Yup.. Teknisi dateng dlm kurun waktu 24 jam, bawa box alat yg komplit dan bersih.. Cek sana sini, dan ternyata mainboardnya dong yg rusak π
yup.. Yg kena trouble bagian 'otak' dari unit ac multi-S ni... Krn saya ceritain history penanganan apa aja yg dah dicoba, mknya teknisi lgsg cek ke bagian yg mungkin ga disentuh teknisi sebelumnya.
Teknisi service Daikin |
Sparepart Daikin Multi-S |
Sparepart nya? Beh.... Bisa buat beli HP entry level spek paling mentokπ€£. Enaknya harga yg di service center daikin ini sudah all-in; sparepart sm teknisi + garasi. Pembayaran lgsg ke VA account daikin, bukan cash ke teknisi. Karena inden kurleb 1 minggu, jd teknisi 2* kali dateng. Dan anehnya, ga ada tuh teknisi Daikin ini senggol masalah freon
Alhamdulillah akhirnya ac dingin kembali π₯° (wlpun hbis tu dompet menangis π )
3. BIG but actually caused by small thing: bocor alus bgt di evaporator unit indoor.
Nah.. Ini tantangan baru lagi...
Setelah case busa pipa ac kropos dan diakalain cara Mcgyver, di musim kering dan terik ga ada ujan ini, Ac saya kelepek-kelepek lagi... π€£
Awalnya dikira pengaruh cuaca luar yg panas bgt + berdebu yg bikin ac ga dingin max. Akhirnya melakukan hal paling mudah : cuci rutin .. Kerasa lbh seger sih abis diservice, tp koq lama" tinggal angin dari kipas doang ya π€ dinginnya ga ada wlpun dah masang mode powerfull.
Krn bgitu terus selama 1 minggu, akhirnya org rmh sepakat AC ni panas buka faktor cuaca dan mungkin ada yg rusak. Akhirnya telfon call center lagi... Tinggal sebut nama sama no HP, data saya dah ke record disistem mereka.. Ditanya keluhan apa, infoin (lagi) garansi out of date sm biaya visit 88.800 ( 80 biaya teknisk +8.800 pon 11% ) dibayar diakhir kunjungan.
Seperti biasa dijanjikan 2*24 jam, dan teknisinya baru datang di hari k2. Nah disini diperiksa secara menyeluruh (dari kemungkinan umum sampai spesifik) . Saya jg diskusi ke teknisi apa mungkin krn busa pipa kropos dan berhamburan jd bocor dibagian situ... Kata teknisi ga masalah, dan kata teknisi dah bagus pas tau kropos lgsg dicover ulang.
Karena 2 unit indoor ni sama" panas, jd teknisinya periksa semua unit... Indikasi freon cendrung berkurang (tgl 80 dari 150 Psi), jd next stepnya di cari troublenya dimana; bisa dr unit indoor atau case jarangnya ( tapi mungkin terjadi ) ada kebocoran di pipa.
Service AC Daikin Multi-S |
Untuk tes kebocoran pipa, kata teknisinya biaya lumayan krn hrs injek nitrogen dan nyari sepanjang pipa AC π . Jujur saya disini dah deg deg ser, bukan biaya tesnya yg masalah.. Tp saya lbh pusing 7 keliling klo ampe bongkar plafon krn selang pipa ACnya semua tenggelem di antara plafon dan tembok ( karena pengen neat look)
Untungnya teknisi tetep nuntun saya step by step aja diceknya.. indoor k1 aman dan di indoor k2 ada indikasi kebocoran di evaporator (ada tanda oli rembes)
______________________
Saya (yg bingung) :
"koq 1 indoor yg bocor tapi kenapa 2-2 unitnya panas?"
Teknisi :
"memang gitu klo multi-S bu... saking 'smartnya' π€£π€£π€£" - jawaban bercanda
"krn ada bocor, freon akan berkurang.. Freon kan mesin luar, dimana 1 mesin kerja buat 2 ruangan, jadi outputnya sama" cuma ngerasa angin doang bu... "
Saya (yg mulai mengerti) :
"okay.. Make sense"
__________________________
Dikasih 2 opsi : ditambal apa ganti sparepart. Ditambal 1.2jt ganti baru 2jt π
Seperti biasa saya bertanya
Saya: "koq mahal banget?"
Teknisi : "harga all-in sudah termasuk sparepart dan biaya service multi-S memang lbh tinggi bu" ( klo biaya service saya iyain aj, soalnya sudah rumus jempol saya, klo service model ni 2*unit single π )
Saya: " Ga bisa dipasang dr seri inventer unit single mas? "
Teknisi : " Oh kanibal gitu bu, klo multi-S krn serinya beda, ga cocok bu..biar pun tu sesama Daikin " (Dan saya terdiam, menerima kenyataan 'konsekuensi' dari ac multi π )
-----------------------------
Sesuai anjuran teknisi doing 'step by step', jd saya milih meminta diperiksa dahulu kebocorannya apakah besar/banyak/parah, baru saya bisa mengambil keputusan secara bijak.
Pengecekan dimulain dengam membongkar unit indoornya, dicabut penghubung unit indoor dgn pipa ac+ kelistrikan... Intinya Deep cleaning.
Dan pas dicek, ditemukan 1 bocor kecil alus sekali dibagian samping... Bocornya paling se cacing aja... biar se-cacing tp klo terus menerus, freonnya tetap berkurang. Ibarat air dikeran netes setitik - besoknya ember bisa penuh jg kan??? (Kira" Analoginya bgtu deh)
Alhamdulillah krn posisinya di pinggir dan kecil, akhirnya kami memutuskan untuk menyervice saja dan teknisi meng-iya kan keputusan kami dan insyaallah awet. Klo bocor bocor banyak apalagi besar-besar, katanya lebih riskan rusak lagi, mgkn bertahan +/-1 tahun.
Review AC Daikin Multi-S |
Pekerjaan service evaporator sekitar 1 jam-an. Setelah dipasang kembali dilakukan flush vacuum freon. Freon yg ada di outdoor dikosongkan dan kembali daisi baru.. Pekerjaan ni +/- 30 menitan.
Disetiap penemuan dan penanganan, teknisi daikin dokumentasi (karena hrs lapor ke kantor katanya). Jd jangan heran klo abangnya foto trus dan kita jg di share klo ketemu trouble dan penanganannya biar update dan ga tipu" π. Mgkn ni bagian dari system update data, jd history 'penyakit'nya ter-record dgn baik. Sampe" no seri mesin outdoor indoor aj semua difotoin π (detail amet ya π )
AC Daikin Thailand |
Setelah dites, joss ademnya... Lgsg berasa 'nyeeees' gitu. Oh ya servicenya ada garansi 3 bulan dan konsumen jg diberi lampiran kertas kerja buat bukti.
Semoga ini yg terakhir, dan #acdaikinmultis saya ini awet sepanjang masa seperti ac jadul saya Mitsubishi heavy-duty ( mantep O-yeeee ).. Amin π
Kesimpulan :
Dari sudut pandang dan pengalaman saya pribadi, semua hal pasti ada plus minus - nya termasuk AC ini. Untuk keseharian okay bgt krn menghemat biaya listrik bulanan. Akan tetapi selisih 'kehematan' tadi harus tetep kita 'save' jikalau suatu saat AC ini butuh perbaikan, krn AC split tipe ini perlu 'special products & treatment'.
___________________
One of my wisdom:
You need choose one between (at least 2) choices you have.
None of them is perfect, but choose it wisely which suitable with your condition & goal.
____________________
Contoh gampangnya :
Murah tapi ringkih atau mahal kualitas bagus ???
Kalau case AC ini mungkin pilihan anda mau yg mana
Milih irit pemakaian harian, tp sekali perawatan mahal Atau milih yg cost hariannya agak tinggi, tp barangnya badak banget ???
Kalau anda gimana? Boleh dikomen" Ya... Dan kalau punya pengalaman sama/lain sebagai pemakai ac split multi-S, monggo dishare kesaya ceritanya....
Terima kasih telah membaca tulisan random saya π
_______________________
#acdaikin #acdaikingadingin #acdaikintidakdingin #acdaikinrusak #serviceacdaikin #cuciacdaikin #teknisidaikin #acdaikinmultis #acdaikin1/2pk #acdaikin3/4pk #acinverter #acdaikininverter #reviewacdaikin #reviewacdaikinmultis #acmulti #acmultis
Komentar
Posting Komentar