Siapa bilang jualan di e-commerce di Indonesia gratis??? Ada biayanya boss...
Hayooo ngaku,
Siapa yang suka belanja online? Mungkin jawabnnya saya, saya, dan saya ....
Dari anak2 ampe nenek-kakek suka belanja online krn mudah, banyak pilihan dan bisa cari harga yg murah rah rah....
Mo cari apa? hampir smua ada di online.
Dari yang awalnya jualan pemesanan chat di Wa/Fb/Ig yg kudu itung manual sm bolak balik cek ongkir di web π ampe fotoin resi satu-satu. Dan sekarang akirnya pindah ke marketplace yang ringkes karena dah computerize dan semua terkoneksi ( dan sekarang banyak yg promote jualan di tiktok, tp end-nya di oper suruh belanja d marketplace jg sih π€ )
Jual/beli online dianggap shortcut mudah buat pasarin dan murah operational ketimbang harus jualan di toko fisik. Tapi saya yakin koq sebenarnya ada rejeki masing masing. Saya pribadi kurang setuju kalau dlu gencar opini online mematikan usaha toko, karena ada target pasar masing2 bossku. Mengeser mungkin iya, tapi ga nge-babat habis juga dan ingat semua ada siklus naik/turun yg mengikutin tren. Contoh; mungkin pas PSBB belanja online ampe bosen, dan pas keadaan nanti normal mungkin saja orang2 belanja di toko karena kangen keluar rumah dgn bebas ( who knows)
Ingat ya... ga semua orang punya alat, akses, waktu dan pengetahuan tentang jual/beli online seperti kita. Dan byk juga koq yg sebenarnya tau, tp lebih suka datang, pilih, pegang, tanya, dicoba, bandingin dan bawa langsung barangnya + tidak lupa jurus tawar menawar yg seru itu dikeluarkan π€. Ada juga orang yg karakternya lebih suka ke tokonya langsung soalnya 'lebih berasa shopping nya' gtu kya sosialitah bawa tentengan banyak pulang kerumahπ€£. See....kliatan kan klo toko offline masih punya pembelinya masing2. π
Semakin kesini, memang banyak orang yg makin melek betapa 'cuan'-nya jual/beli online termasuk pemerintah. Beberapa kali ada wacana dikenakan ppn, tapi alhamdululillah blom kejadian ampe saya nulis disini. Tapi eits... Jgn salah ya, klo penjual dah di kejar2 org pajak buat lapor dan bayar pajak... Kalau umkm kena yg 0,5% dari omset. Saya ambil positive nya aj, berarti pekerjaan jual online tu diakui sebagai profesi legal... dan saya berusaha menjadi warga negara baik yang taat byr pajak, ya walaupun... Bgtulah (anggap aja berkontribusi bela negara) πͺ
Kita bahas lebih fokus ke marketplace aja ya dsni... Mgkn 5 tahun ni marketplace lebih condong ke buyer oriented ( tujuannya buat user dan catatan transaksi makin banyak ). Program yang paling ampuh adalah free ongkir (eh salah... Subsidi ongkir lebih tepatnya sih, karena ada limitnya π€£). Sebenarnya bukan cuma untung buat konsumen sih, penjual sebenarnya jg dimudahkan dengan sistem drop-off/pick up barang cashless tanpa nalangin bayar ongkir dlu dan kadang kala ada program cashback jg buat penjual ( makasih marketplace yang menggunakan sistem cashless, itu sangat sangat membantu penjual). π
Tapi makin kesini program tsb tak sebebas kaya awal2 promosi π . Dari mulai diberlakukan limit per account, jumlah subsidi ongkir berkurang, minimal belanja berubah2, cuma bisa di merchant dengan tanda khusus, cuma bisa dengan ekpedisi tertentu, sampai hanya bisa menggunakan cara pembayaran tertentu.....
Secara ga langsung 'promo' tsb dibatasi dengan adanya banyak syarat. Sebenarnya paham sih, ga mungkin kan bakar duit trus, marketplace-nya idup pake apa dong.... π Dan akirnya smua berujung dengan memberlakukan 'biaya administrasi' ke user.
ke penjual ada biaya admin dan layanan. Kalau untuk ke pembeli sebenarnya ada jg loh berupa 3 angka unik di belakang totalan transaksi yg harus dibayar, atau yg terbaru ada biaya cek bank... Tuh tim orange narik 500-1000 perak kalau ga pake sistem e-money mrkπͺ (tipis2 - halus2 lah pkknya)
Awalnya fee-nya rata semua di marketplace ( ijo, orange, merah ke-unguan tu) dikisaran 1%.... Ok lah klo kisaran sgtu masih aman. Tapi lama kelamaan naek boss ku..
So far yang msh sama ya grup ijo, fee adminnya masih dikisaran 1%
Tapi yg orange sama yg merah ke-unguan tu, waduh makin pedes aja ... Di iris tipis2, tp makin tebel deh tuh fee-nya.
Sampai akirnya tahun 2020 tim orange masang fee 4.5% ( saya ambil jadi penjual umum aja) dengan rincian fee admin 1% + fee xtra free ongkir 3.5%. Memang sih ktnya maximal fee xtra ya max 10.000, tp yg buat seller ambil margin tipis bisa megap2 bossku π
Jadi untuk seller penganut ' orientasi kuantitas' akan ambil untung tipis aja, setipis admin fee nya, yang penting banyak yg order.
Tapi klo penjual yg punya target margin tertentu, lebih baik hitung ulang mau pasang harga berapa, biar tidak merasa dirugikan tapi juga ga memberatkan konsumennya.
Klo ada yang nanya gni;
"Jadi ujung2nya semua dibebankan ke pembeli donk klo gtu?" Sbnrnya ga jg sih karena buyer msh bisa menikmati subsidi ongkirnya ( wlpun terbatas, ya syukuri aja ) dan tentunya menerima barang idamnya π
Saya pikir, mgkn marketplace memberlakukan fee admin ni selain buat cost operasi, mgkn jg dikejar pajak kali ya .... (who knows, setau saya org pajak ada dmn2 π€). jdnya marketplace cari2 jalan 'ditanggung bersama2' agar bisa sukses bersama di masa depan ( tsaaah )
Boleh dong dikomen, dikoreksi atau mgkn mau share informasi/pengalamannya tentang fee admin di jualan marketplace yg saya sebutkan td atau yang lain jg boleh ya....
Makasih semuanya
Jangan lupa belanja produk Indonesia, biar cepat keluar dari resesinya...
#biayaadminmarketplace #potonganbiaya
Komentar
Posting Komentar